Sungailiat (Antara Babel) - Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyalurkan bantuan kepada 450 warga kurang mampu di daerah itu.

"Bantuan yang disalurkan berupa uang masing-masing Rp200 ribu dan bingkisan sembilan bahan pokok (sembako)," kata Ketua BAZ Kabupaten Bangka, Syaiful Zohri di Sungailiat, Selasa.

Menurut dia, kegiatan ini merupakan program rutin dari BAZ Bangka untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang kurang mampu sehingga mereka bisa bahagia terutama menjelang hari raya Idul Adha nanti.

"Dana bantuan yang disalurkan bagi warga kurang mampu tersebut dihimpun dari zakat umat Islam di Kabupaten Bangka baik perorangan maupun dari lembaga pemerintah dan swasta," katanya.

Dia mengatakan, selain kegiatan bantuan rutin, pihaknya juga melakukan kegiatan berupa pembinaan mental di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) untuk memberikan siraman rohani bagi penghuni Lapas.

Selain itu, pihaknya juga memberikan bantuan berupa uang sebesar Rp300 ribu bagi 150 siswa dari keluarga kurang mampu tingkat SMA sederajat.

"Besarnya dana bantuan bagi siswa bersumber dari BAZ Kabupaten Bangka sebesar Rp200 ribu dan Rp100 ribu bantuan dari Bupati Bangka, Tarmizi Saat," katanya.

Sementara Bupati Bangka, Tarmizi Saat menyambut baik kegiatan pemberian bantuan bagi warga kurang mampu termasuk siswa sekolah.

"Bantuan ini saya harapkan dapat dipergunakan sebaik mungkin guna membantu meringankan kebutuhan keluarga," katanya.

Pewarta: Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2013