Pangkalpinang (Antara Babel) - Universitas Bangka Belitung (UBB) kembali mencetak 199 sarjana baru berkualitas setelah sebelumnya mewisuda sebanyak 2.886 sarjana.

"Sejak berdiri total mahasiswa yang sudah diwisuda UBB sebanyak 3.085 orang sarjana, termasuk 199 orang yang diwisuda hari ini," ujar Rektor UBB Muh Yusuf di Pangkalpinang, Kamis.

Sarjana baru yang berjumlah 199 orang itu diwisuda pada rapat  senat khusus terbuka yang dilangsungkan di Pangkalanbaru, Kabupaten Bangka Tengah.

Selepas wisuda ke-14 ini ia berharap para sarja baru tersebut sukses dalam berkarya di tengah masyarakat. Modal ilmu pengetahuan sebagai bekal telah kita berikan, tinggal lagi mempraktikannya, ujarnya.

Ia menyebutkan ada sebanyak 15 mahasiswa yang mendapatkan predikat cumlaude.

Saat memberikan sambutan Yusuf mengimbau agar wisudawan tidak berpuas diri dalam menggali ilmu serta selalu mengasah potensi diri dan keterampilan lain yang diperlukan ketika berada di masyarakat dan dalam berkarir.

"Melihat kondisi ekonomi riil saat ini seharusnya sarjana baru UBB bisa terjun ke dunia usaha, kemudian menjadi wirausahawan, ketimbang harus berlama-lama menunggu peluang kerja di sektor formal pemerintahan," ujarnya.

Ia juga berpesan agar para wisudawan bisa menerapkan ilmunya karena para alumni merupakan agen perubahan masyarakat.

"Wisudawan juga harus bisa membawa nama besar UBB. Di mana pun mereka berada harus terus membawa nama baik universitas. Jadilah alumni yang membanggakan almamater dan menjaga tanggung jawab intelektual, sosial dan moral," ujarnya.

Pewarta: Mahendra

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017