Koba (Antara Babel) - Budi daya udang galah di Kecamatan Sungaiselan, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi percontohan di provinsi itu.

"Kecamatan Sungaiselan memang kami proyeksikan menjadi sentra udang galah, karena sudah berkembang dengan baik yang dikelola para kelompok budi daya," kata Wakil Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh di Koba, Senin.

Ia menjelaskan budi daya udang galah di Sungaiselan ini sudah cukup dikenal masyarakat Bangka Belitung, bahkan masyarakat luar daerah karena tergolong berhasil menjalankan usahanya.

"Sekarang ini sudah ada beberapa kelompok budi daya dari sejumlah kabupaten yang sengaja datang ke Sungaiselan untuk mempelajari cara membudidayakan udang galah tersebut," ujarnya.

Ia mengatakan para kelompok budi daya udang di Bangka Tengah terus dibina dan diberikan penyuluhan terkait cara yang baik membudidayakan udang galah serta cara meningkatkan produksi udang.

"Para pembudi daya udang galah terus diberikan penyuluhan dengan harapan mereka lebih bisa mandiri. Bantuan bibit udang galah sebagai bentuk keseriusan pemerintah daerah mengembangkan dan meningkatkan produksi udang galah di kabupatan ini," ujarnya.

Ia mengatakan usaha budi daya udang galah di Sungaiselan tersebut memiliki prospek yang bagus ke depan untuk meningkatkan perekonomian.

"Tentu kami dari pemerintah daerah tidak tinggal diam, dorongan baik dalam bentuk penyuluhan maupun bantuan lainnya untuk meningkatkan usaha terus kami lakukan," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017