Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang memprakirakan cuaca di perairan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung termasuk di jalur-jalur penyeberangan pada Rabu (29/3) cukup bersahabat.

"Kondisi cuaca dan ketinggian gelombang di jalur-jalur penyeberangan cukup bersahabat dan diprakirakan relatif aman untuk pelayaran," kata Staf Koordinator Unit Analisis BMKG Kota Pangkalpinang, Omar Mukhtar, Selasa.

BMKG memprakirakan tinggi gelombang signifikan di Selat Bangka, Selat Gelasa, dan utara Bangka hanya berkisar antara 0,25 sampai 0,5 meter, sedangkan di utara Bangka dan Selat Karimata berkisar antara 0,25 sampai 0,75 meter.

Kecepatan angin di kawasan perairan dan di jalur-jalur penyeberangan juga relatif normal, yakni hanya berkisar antara 8 hingga 30 kilometer per jam yang bergerak dari Utara ke Timur.

Namun demikian para nelayan dan operator angkutan laut tetap diimbau agar waspada dan tidak lupa membawa perlengkapan yang dibutuhkan untuk keselamatan di laut.

"Cuaca memang cukup bersahabat, namun harus tetap hati-hati dan waspada terhadap segala kemungkinan," ujarnya.

Pada bagian lain Omar Mukhtar menyebutkan, cuaca di hampir seluruh daratan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Rabu diprakirakan berawan dengan kemungkinan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Daratan di Muntok, Jebus, Belinyu, Sungailiat, Pangkalpinang dan Toboali berpeluang diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, sementara di Koba, Sungai Selan, Tanjungpandan, Manggar dan Selat Nasik hanya hujan ringan.

Rata-rata kecepatan angin di daratan berkisar antara 6 sampai 26 kilometer per jam yang bergerak dari Barat Laut ke Timur Laut dengan suhu sekitar 24-32 derajat celsius dan kelembaban udara 64-97 persen.

BMKG juga memprakirakan ketinggian pasang air laut di pesisir pantai Membalong Kabupaten Belitung sekitar 2,10 meter, sementara di pesisir pantai lain rata-rata di bawah 2,0 meter.

Tinggi pasang air laut di Muntok Kabupaten Bangka Barat diprakirakan sekitar 0,94 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,07 meter, di Sungailiat Kabupaten Bangka 1,88 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,01 meter, di Toboali Kabupaten Bangka Selatan 1,71 meter dan di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,51 meter.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017