Muntok (Antara Babel) - Bupati Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Parhan Ali melakukan penggalangan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama melakukan upaya akreditasi sejumlah pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di daerah itu.

"Sebagai kepala daerah kami mendukung sepenuhnya komitmen akreditasi yang akan diterapkan di Puskesmas Tempilang dan puskesmas lainnya," kata Bupati Parhan Ali di Bangka Barat, Selasa.

Hal ini dikatakan Bupati Parhan Ali pada kegiatan penggalangan komitmen akreditasi Puskesmas Tempilang yang digelar di Tempilang.

Selain melakukan penggalangan komitmen, pada kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan dan pengucapan ikrar yang diikuti seluruh undangan dan tenaga medis di Puskesmas Tempilang.

Ia mengatakan, sebagai kepala daerah dirinya berjanji akan menjadi orang terdepan dalam berkomitmen mendukung peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di tingkat puskesmas.

"Melalui akreditasi puskesmas kami berharap mutu pelayanan kesehatan menjadi semakin baik dan tingkat kepuasan masyarakat meningkat," katanya.

Ia menambahkan, Pemkab Bangka Barat sangat mendukung terkait kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan melalui kegiatan akreditasi.

"Penataan dan pelayanan kesehatan merupakan salah satu fokus yang dilakukan pemerintah daerah saat ini, meliputi peningkatan akses dan kualitas pelayanan kesehatan," katanya.

Komitmen akreditasi puskesmas tahun ini disikapi bupati dengan menginstruksikan kepada seluruh camat, Kapolsek, Komandan Ramil, kepala desa, kepala UPT, kepala sekolah, tim penggerak PKK dan seluruh elemen yang ada di Kecamatan Tempilang agar ikut mendukung secara maksimal proses akreditasi.

Selain bupati, hadir dalam penggalangan komitmen akreditasi ini, Sekda Bangka Barat Yunan Jelmi, Kepala Dinas Kesehatan setempat, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, camat, Danramil Tempilang, Kepala Puskesmas se-Bangka Barat dan seluruh tenaga medis Puskesmas Tempilang.

Setelah melakukan penandatanganan penggalangan komitmen akreditasi ini, bupati langsung meninjau hasil tanaman obat keluarga dan meninjau pelayanan kesehatan Puskesmas Tempilang.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017