Pangkalpinang (Antara Babel) - Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rio Setiady meminta seluruh sekolah di daerah itu lebih protektif terhadap anak didik.  

"Kasus predator anak terselubung di sekolah beberapa waktu lalu bisa menjadi pelajaran berharga bagi seluruh sekolah. Agar kasus seperti itu tidak terulang di kemudian hari pihak sekolah harus lebih protektif terhadap anak didiknya," katanya di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan beberapa sekolah di daerah itu sudah sepakat dan berkomitmen bahwa pendidikan peserta didik merupakan yang utama dan mereka harus dilindungi.

"Semua sekolah tersebut sepakat mengecam keras karena perbuatan 'predator anak' tidaklah manusiawai dan tidak pantas dilakukan tenaga pendidik," katanya.

Rio juga mengimbau para aparat penegak hukum agar dapat menghukum predator anak dengan tegas dan seadil-adilnya sesuai dengan aturan yang ada.

"Kami berharap predator anak mendapatkan hukuman yang setimpal. Selain itu, permasalahan ini jangan dianggap sepele sehingga hukumnya tidak maksimal dan membuat masyarakat apatis kepada hukum yang ada," katanya.

Selain itu, Rio juga meminta kepada orang tua agar jangan melepas pengawasan sepenuhnya kepada sekolah, karena anak tanggung jawab bersama sehingga pengawasan dari orang tua paling penting.

"Untuk sekolah dan dinas sendiri harus lebih selektif dalam menjaring tenaga pendidik, sehingga kejadian seperti ini tidak terjadi lagi," ujarnya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017