Toboali (Antara Babel) - Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar pemeriksaan kanker leher rahim dan kanker payudara gratis secara serentak di seluruh puskesmas dalam rangkaian memperingati Hari Kartini.

"Kami berharap pelayanan dan pemeriksaan kesehatan gratis ini dapat meningkatkan kesadaran kaum perempuan dalam mencegah penyakit kanker rahim dan kanker payudara," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Selatan, Supriadi di Toboali, Jumat.

Pada peringatan Hari Kartini pihaknya juga menggelar pelayanan pemasangan alat kontrasepsi KB secara gratis sekaligus menyosialisasikan penerapan pola hidup bersih dan sehat kepada masyarakat.

"Seluruh puskesmas se-Kabupaten Bangka Selatan melaksanakan kegiatan ini secara serentak dan masyarakat sangat antusias mengikuti pelayanan kesehatan gratis pada Hari Kartini ini," ujarnya.

Melihat minat masyarakat khususnya kaum ibu yang tinggi, kata dia maka pelayanan kesehatan gratis ini akan dilanjutkan hingga Sabtu (22/4).

"Jadi kepada masyarakat yang belum diperiksa diminta datang kembali besok," ujarnya menambahkan.

Dalam kegiatan itu pihaknya juga mengundang pukesmas Desa Rias dan Desa Tiram bergabung di Puskesmas Toboali.

"Sebanyak 15 pasien dari Desa Rias dan 20 pasien dari Desa Tiram sudah datang dan langsung melakukan pemeriksaan, begitu juga dengan pasien dari warga Toboali sangat antusias memeriksakan kesehatannya," katanya.

Ia berharap masyarakat yang belum melakukan pemeriksaan kesehatan leher rahim dan payudara segera mendatangi Puskesmas Toboali agar bisa diperiksa dan terhindar dari penyakit berbahaya itu.

"Semoga dengan kegiatan ini menjadikan masyarakat semakin peduli terhadap kesehatan dan program KB berjalan dengan baik," harapnya.

Pewarta: Juniardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017