Koba (Antara Babel) - Anggota DPRD Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Maryam menilai sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) mampu memperkuat pondasi ekonomi masyarakat di daerah itu.

"Jumlah UMKM di daerah ini cukup banyak yaitu mencapai 35.625 unit usaha yang menyerap ribuan tenaga kerja. Tentu ini sebuah kekuatan ekonomi yang tidak bisa dipandang enteng karena jelas mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya di Koba, Jumat.

Ia menjelaskan, sektor UMKM ini bergerak di berbagai bidang di antaranya pertanian, perkebunan, perdagangan dan usaha industri para nelayan yang semuanya berjalan dan berkembang dengan baik menopang perekonomian masyarakat.

"Saya minta kepada dinas terkait terus mendorong pertumbuhan UMKM karena sektor ini sangat potensial memperkuat perekonomian daerah yang dalam beberapa tahun ini terus merosot," ujarnya.

Ia menyarankan pengembangan sektor UMKM disinergikan dengan sektor kepariwisataan untuk mempercepat pertumbuhan dan pengembangan ekonomi kerakyatan di daerah itu.

"Kalau sektor kepariwisataan maju tentu sektor UMKM juga akan maju karena keduanya saling mendukung," ujarnya.

Ia mengatakan DPRD terus memperjuangkan dana untuk membantu permodalan UMKM baik secara langsung maupun melalui lembaga perbankan dengan sistem kredit dengan bunga rendah.

"Pelaku UMKM juga harus mampu menjalankan usahanya lebih profesional dan lebih kreatif menciptakan produk yang menarik dan layak jual," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017