Sungailiat (Antara Babel) - Puskesmas Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar pemeriksaan "IVA" atau Inspeksi Visual dengan asam Asetat secara gratis.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Then Suyanti di Sungailiat, Sabtu, mengatakan kegiatan ini dalam rangka memperingati hari Kartini ke-138.

IVA merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim (serviks) sedini mungkin dengan cara melihat langsung (dengan mata telanjang) setelah memulas leher rahim dengan larutan asam asetat.

"Saya mengingatkan khusus kaum wanita untuk perlu meningkatkan kesadaran dalam pemeriksaan rutin kanker serviks karena langkah itu sebagai upaya pencegahan," kata Then Suyanti.

Selain pemeriksaan IVA secara gratis, pihaknya juga melakukan penyuluhan tentang kanker serviks bagi kaum perempuan.

Menurut dia, taraf kesehatan para ibu harus ditingkatkan.

"Kanker serviks merupakan kanker mulut rahim yang disebabkan Human Papilloma Virus (HPV). Cukup banyak perempuan di Indonesia yang terkena kanker serviks dan perlu diketahui kanker ini merupakan penyebab kematian perempuan," katanya.

Dia mengimbau seluruh perempuan agar rutin melakukan pemeriksaan IVA sebagai upaya deteksi dini dalam mencegah penyakit jenis ini. Pemeriksaan dapat dilakukan di Puskesmas terdekat.

Pewarta: Kasmono

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017