Pangkalpinang (Antara Babel) - PT Timah Tbk membantu Desa Riau Kecamatan Riau Silip Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 1.000 bibit buah-buahan, sebagai bentuk komitmen perusahaan terhadap pelestarian lingkungan dan meningkatkan hasil buah lokal.

"Bantuan berbagai bibit buah seperti jambu, mangga, mentega dan lainnya untuk memenuhi permintaan warga yang berkeinginan menambah kawasan hijau di desa itu," kata Kabid Humas PT Timah (Persero) Tbk  Renny Hutagalung usai penyerahan bibit di Desa Riau, Minggu.

Dalam menambah ruang terbuka hijau di desa itu, kata dia pihaknya juga membantu beraneka bibit tanaman pelindung lainnya seperti ketapang, mahoni dan sengon.

"semakin banyak pohon yang ditanam tentunya akan baik juga nantinya. Ini investasi buat warga dimasa mendatang," ujarnya.

Ia berharap bantuan bibit buah-buahan dan pohon pelindung ini dapat memberikan manfaat dan berdampak terhadap pelestraian lingkungan dan pendapatan warga desa.

"Mudah-mudahan dengan adanya bantuan bibit buah ini dapat mengurangi ketergantungan buah-buahan dari luar daerah untuk memenuhi kebutuhan buah warga yang cukup tinggi," ujarnya.

Sekretaris Pemerintah Desa Riau Rama Putra bersyukur mendapat bantuan dari PT Timah, karena dapat meningkatkan kesadaran warga untuk memilihara lingkungan.

"Bibit pohon peneduh ini ditanami di sekitar lapangan bola dan pemakaman, sedangkan buah-buahan ditanam di pekarangan rumah warga," ujarnya.

Sementara itu salah seorang warga Desa Riau Ajiar mendukung dan setuju dengan adanya program desa menanami pohon pelindung dan buah di pekarangan rumah warga.

"Bantuan bibit pohon buah ini sangat bermananfaat untuk masyarakat. Batang buah ni kelak suruh wargalah nanem e (nanti pohon buah-buhan ini warga saja yang menanaminya)," katanya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017