Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Kota Pangkalpinang memprakirakan ketinggian pasang air laut maksimum di sejumlah pesisir pantai di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat melebihi dua meter pada Sabtu (29/4).

"Di beberapa pesisir pantai berpeluang ketinggian pasang air laut maksimum melebihi dua meter. Kondisi ini harus diwaspadai karena dapat membahayakan keselamatan," ujar staf Koordinator Unit Analisis Kantor BMKG Kota Pangkalpinang, Muhammad Nurwahyudi, Jumat.

Ketinggian pasang air laut maksimum melebihi dua meter diprakirakan dapat terjadi di pesisir pantai Membalong Kabupaten Belitung yakni sekitar 2,27 meter, kemudian di Sungailiat Kabupaten Bangka 2,13 meter dan di Toboali Kabupaten Bangka Selatan sekitar 2,01 meter.

Pasang air laut setinggi itu dapat membahayakan keselamatan, karenanya warga yang bermukim di kawasan pantai dan juga para nelayan tradisional diminta agar senantiasa waspada. Warga juga diimbau agar tidak memaksakan diri beraktivitas di kawasan pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas.

Selain itu, ketinggian pasang air laut maksimum di pesisir pantai Muntok Kabupaten Bangka Barat diprakirakan 1,54 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,44 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,47 meter dan di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,80 meter.

Sementara itu ketinggian gelombang laut di jalur-jalur penyeberangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diprakirakan relatif normal. Di Selat Bangka, selatan Bangka dan Selat Gelasa berkisar 0,25-0,5 meter, sedangkan di utara Bangka dan Selat Karimata antara 0,25 sampai 0,75 meter.

Kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan hanya berkisar antara 8 hingga 35 kilometer per jam yang rata-rata bergerak dari Timur ke Selatan.

Sementara itu, cuaca di hampir seluruh daratan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diprakirakan berawan dengan peluang hujan ringan hingga sedang.

Daratan Muntok, Jebus, Belinyu, Pangkalpinang, Sungailiat, Toboali dan Koba berpeluang dilanda hujan dengan intensitas sedang, sementara di daratan Sungai Selan, Tanjungpandan, Selat Nasik dan Manggar hanya hujan ringan.

Rata-rata kecepatan angin di daratan berkisar antara 8 sampai 26 kilometer per jam yang bergerak dari Timur ke Selatan dan dari Tenggara ke Barat Daya dengan suhu sekitar 23-32 derajat celsius dan kelembaban udara 62-97 persen.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017