Pangkalpinang (Antara Babel) - Dinas Kelautan Perikanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menyalurkan ribuan indukan air tawar, payau dan laut untuk membantu Balai Benih Ikan mengembangkan pembibitan ikan.

"Kami sedang mendata kesanggupan BBI dalam meminjah indukan lele, nilai, gurami, udang vaname dan kerapu," kata Kepala Seksi Usaha Perikanan Budidaya Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Babel, Surati di Pangkalpinang, Rabu.

Ia menjelaskan dana bantuan sekitar 10.000 ekor indukan ikan ini berasal dari Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam meningkatkan produksi bibit ikan di BBI dan mendorong usaha budidaya perikanan dan kesejahteraan masyarakat.

"Mudah-mudahan awal Agustus tahun ini bantuan indukan ikan akan disalurkan ke BBI Tanjung Krasak Belitung, Sungailiat Kabupaten Bangka dan BBI Tanjung Rusa Bangka Selatan," katanya.

Ia mengatakan hasil pengembangan pembibitan ikan ini akan disalurkan secara gratis, guna meringankan beban kelompok pembudidaya dalam mengembangkan usahanya.

"Kelompok pembudidaya ikan ini cukup mengajukan proposal bantuan, selanjutnya tim akan survei usaha masyarakat itu untuk memastikan bantuan tersebut tepat sasaran," ujarnya.

Menurut dia saat ini minat petani dan nelayan membudidayakan ikan mengalami peningkatan, karena permintaan dan konsumsi masyarakat yang tinggi.

Jumlah pembudidaya ikan air tawar 2016 mencapai 167 orang dengan produksi 1.683,69 ton atau mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya 1.076,45 ton.

"Kami terus mendorong masyarakat untuk membudidaya ikan, karena memiliki prospek yang baik untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarganya," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017