Pangkalpinang (Antara Babel) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengapresiasi pola kerja sama yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan dan Pemerintah Kabupaten Belitung dalam membangun daerah masing-masing, baik dalam sektor kelautan maupun infrastruktur pembangunan.

Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yan Megawandi di Pangkalpinang, Rabu, mengatakan kerja sama antara Pemkab Bangka Selatan dan Pemkab Belitung itu dilakukan melalui penandatanganan nota kesepahaman yang disaksikan pihaknya.

"Kami mengapresiasi inisiasi yang dilakukan oleh dua kabupaten ini untuk bersama-sama mengelola kawasan yang berada di wilayah Bangka Selatan dan Belitung. Diharapkan kegiatan yang diinginkan oleh Bangka Selatan dan Belitung untuk membangun infrastruktur penghubung kedua pulau tersebut dapat terwujud," katanya.

Dia mengatakan, untuk pengelolaan sumber daya laut di kedua pulau Pemkab Bangka Selatan berkeinginan membuat jembatan dan keinginan itu bisa diwujudkan dengan segera melalui kerja sama ini.

Yan meminta kepada jajaran terkait di lingkungan Pemprov Babel untuk selalu memantau dan mengawasi agar kerja sama yang sudah dilakukan dapat berjalan dengan baik.

"Kami juga meminta teman-teman yang berkaitan dengan hal ini untuk sama-sama mengawal kerja sama ini agar upaya kita untuk menjadikan Pulau Bangka dan Belitung menjadi satu dalam konteks menjadikan Bangka dan Belitung sebagai destinasi pariwisata. Mudah-mudahan kegiatan ini akan memberikan peningkatan kesejahteraan di wilayah masing-masing," ujarnya.

Wakil Bupati Belitung, Erwandi A Rani berharap dalam melakukan kerja sama ini terbangun sinergitas yang baik lagi antara Pemkab Bangka Selatan dengan Belitung sehingga pembangunan yang diharapkan dapat tercapai dengan baik.

"Mari masing-masing daerah mengembangkan potensi-potensi yang ada, baik di Bangka Selatan maupun di Belitung demi kemajuan daerah. Sehingga ada sinergi antara Basel dan Belitung," katanya.

Bupati Bangka Selatan Justiar Noer mengatakan bentuk kerja sama akan dilakukan yakni dalam bidang kelautan dan perikanan, kemudian kerja sama dalam bidang pariwisata dan perhubungan.

"Jarak antara Belitung dan Bangka Selatan lebih dekat ke Sadai, kemudian Lepar Pongok yang dilewati. Kami lagi menyiapkan jembatan penghubung. Sementara kami mengantisipasi jalannya dulu," ujarnya.  

Justiar berharap kepada Pemprov Babel untuk membantu terealisasinya kerja sama ini dengan adanya kesamaan pemikiran dan kesamaan dalam pembangunan.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017