Pangkalpinang (Antara Babel) - Pemerintah provinsi Kepulauan Bangka Belitung optimistis hasil perikanan dapat menembus pasar Eropa, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan nelayan dan pembudidaya ikan air tawar dan laut di daerah itu.

"Kita yakin hasil tangkapan dan budidaya ikan ini menembus pasar Eropa karena kualitas ikan yang terjaga dengan baik," kata Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rustam Effendi saat menghadiri kegiatan Bulan Bakti BKIPM Kelas I Pangkalpinang, Jumat.

Untuk mewujudkan hasil perikanan Babel mampu menembus pasar Eropa, kata dia, Balai Karantina Ikan harus menjaga kualitas hasil tangkapan nelayan sehingga dapat mewujudkan kemajuan ekonomi daerah di bidang perikanan dan kelautan.

"Dengan meningkatkan kualitas ikan merupakan wujud nyata pemerintah daerah membangun poros maritim dunia," ujarnya.

Untuk itu pihaknya terus mendorong sektor kelautan dan perikanan dengan melancarkan sektor kegiatan bidang kelautan seperti ranjungan dan pembinaan unit-unit pengolahan ikan.

"Kita juga mempermudah transaksi perdagangan hasil ikan sebagai salah satu upaya kita masuk dalam pasar eropa," ujarnya.

Rustam menambahkan, dukungan masyarakat khususnya nelayan juga dibutuhkan agar hasil tangkap ikan terus meningkat.

"Nelayan juga harus meningkatkan hasil tangkapnya agar jumlah ikan yang kita ekspor terus bertambah," ujar gubernur.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017