Koba (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus mengembangkan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) yang mampu membentuk generasi tangguh dan berkarakter.

"Ke depan PAUD harus profesional, tenaga pendidik juga harus profesional agar menghasilkan anak didik yang berkarakter," kata Bunda PAUD Bangka Tengah, Iriani Ibnu Saleh di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan peran lembaga PAUD sangat penting karena gerbang pertama untuk membentuk karakter anak dalam rangka menuju generasi emas.

"Justru itu pendidikan usia dini ini tidak bisa dianggap enteng karena menjadi pondasi untuk memperkuat mental spritual anak, disamping pendidikan keluarga," ujarnya.

Namun demikian, membangun karakter anak membutuhkan dukungan berbagai pihak baik pemerintah maupun peran orang tua di rumah.

"PAUD hanya bagian dari lembaga untuk membentuk karakter dan yang paling penting itu adalah harus didukung dengan pendidikan anak di rumah," ujarnya.

Ia mengatakan, kekerasan terhadap anak bisa diatasi dengan menjaga mereka dengan baik di rumah dan lembaga pendidikan.

"Prinsip daerah sebagai kabupaten layak anak harus benar-benar bisa diwujudkan dengan menjaga, melindungi dan mendidik anak dengan baik," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017