Koba (Antara Babel) - Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Useng Komara mengatakan sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) di daerah itu dalam tiga tahun terakhir mengalami kemajuan cukup pesat.

"Pertumbuhan UMKM terus meningkat dan produk yang dihasilkan lebih kreatif serta berkualitas sehingga bisa bersaing di pasar," katanya di Koba, Minggu.

Ia menjelaskan, hingga kini jumlah UMKM di Bangka Tengah mencapai ratusan usaha yang tersebar di enam kecamatan dan rata-rata sudah berkembang dengan baik menghasilkan produk makanan khas daerah.

"Produk yang dihasilkan sudah beragam dan kreatif serta memiliki kemasan cukup menarik sehingga bisa bersaing di pasar lokal dan luar daerah," ujarnya.

Useng mengatakan, semua UMKM tersebut tetap dalam pengawasan dan binaan pemerintah daerah agar mampu menghasilkan produk yang berkualitas dan profesional.

"Walau bagaimanapun produk yang dihasilkan harus lebih berkualitas dan layak bersaing di pasar global untuk bisa meningkatkan perekonomian pelaku usahanya, terutama dari sisi kemasan dan cita rasa harus tetap dipertahankan dan bahkan harus bisa lebih baik agar laku di pasaran," katanya.

Ia mengaku saat ini pihaknya memiliki rumah produksi khusus untuk produk kuliner guna mendukung sektor kepariwisataan.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017