Pangkalpinang (Antara Babel) - Seluruh daratan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berpeluang diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada Sabtu (3/6).

"Seluruh daratan tanpa terkecuali berpotensi diguyur hujan terutama pada pagi, siang dan juga dini hari," ujar prakirawan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Anggun Rahmania, Jumat.

Daratan Muntok, Jebus, Belinyu, Pangkalpinang, Sungailiat, Koba, Sungai Selan, Manggar, Selat Nasik dan Toboali diprakirakan bakal dilanda hujan dengan intensitas ringan, sementara Tanjungpandan hujan sedang.

Namun demikian BMKG setempat juga mengeluarkan peringatan dini agar warga mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang terutama pada siang dan sore hari di beberapa daerah seperti di Kabupaten Bangka, Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka Selatan dan di Kabupaten Belitung.

Rata-rata kecepatan angin di seluruh daratan berkisar antara 20 sampai 30 kilometer per jam dengan suhu 23 sampai 30 derajat celcius dan kelembaban udara 70 hingga 95 persen.

Sementara itu tinggi gelombang signifikan di jalur-jalur penyeberangan juga relatif normal. Tinggi gelombang di Selat Bangka dan di kawasan selatan Pulau Bangka berkisar antara 0,25 sampai 0,5 meter, di utara Bangka dan Selat Gelasa antara 0,25 sampai 0,75 meter, sedangkan di Selat Karimata antara 0,5 hingga 1,0 meter.

"Meski begitu para nelayan tradisional dan juga pengguna jasa angkutan laut tetap diimbau agar senantiasa waspada karena ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan," ujar Anggun Rahmania.

Kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan juga diprakirakan relatif normal pada kisaran 8 sampai 30 kilometer per jam yang bergerak dari Timur ke Selatan.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017