Koba (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggandeng PT Pos Indonesia Cabang Kota Pangkalpinang untuk menyukseskan program Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan (Sipelanduk).

"Kami menggandeng PT Pos Indonesia untuk mempercepat pengiriman dokumen kependudukan yang sudah lengkap, setelah warga mengisi data secara online melalui aplikasi Sipelanduk," kata Plt Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh di Koba, Senin.

Ia menjelaskan, Sipelanduk merupakan sebuah aplikasi teknologi yang bisa diakses masyarakat melalui telepon seluler yang ada jaringan internet.

"Aplikasi ini terobosan baru dari kami dimana masyarakat cukup mengisi data kependudukan secara online dengan membuka aplikasi Sipelanduk di telepon seluler mereka, kemudian pemerintah daerah melalui dinas terkait langsung memprosesnya," katanya.

Ia mengatakan, PT Pos Indonesia digandeng dalam rangka memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat dimana dokumen kependudukan langsung di kirim ke alamat yang bersangkutan.

"Aplikasi Sipelanduk ini memudahkan kerja Disdukcapil dan besar manfaatnya bagi masyarakat karena mereka bisa mengurus data kependudukan tanpa harus datang ke kantor terkait, tetapi cukup dari rumah saja," katanya.

Sementara Manager Pelayanan PT Pos Indonesia Cabang Pangkalpinang, Himyar mengatakan kesediaan pihaknya untuk bersinergi dengan Pemkab Bangka Tengah dalam rangka memberikan kemudahan kepada masyarakat.

"Ini program sangat cerdas yang pantas diberi apresiasi, terobosan bagus karena memberikan manfaat sangat besar kepada masyarakat," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017