Jakarta (Antara Babel) - Ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriani Rahayu sukses lolos dari drama laga pertama kejuaraan Indonesia Terbuka 2017 setelah mengalahkan pasangan Korea Selatan Chae Yoo Jung/Kim So Yeong di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan Jakarta, Rabu.

"Kami masuk lapangan tanpa beban. Kunci permainan kami pada kekuatan mental tanding. Kami bersyukur menang dari pertandingan ini dengan cukup sulit," kata Greysia selepas permainan.

Greysia/Apriani menang dalam tiga game atas pasangan Chae/Kim 15-21, 25-23, 21-14 selama 81 menit pertandingan putaran pertama turnamen tingkat super series premier itu.

"Kami kalah pada game pertama karena kalah mental. Hembusan angin juga mempengaruhi pukulan kami. Kami harus menyeimbangkan kekuatan dengan hembusan angin," kata Greysia.

Selepas kehilangan game pertama, Greysia/Apriani mulai bangkit pada game kedua dengan keunggulan 7-4, 10-5, 13-8, dan 14-10. Tapi, ganda Chae/Kim bermain keras dengan serangan-serangan tajam.

Pengembalian bola Greysia pun beberapa kali keluar lapangan sehingga wakil Merah-Putih menjadi tertinggal 16-18, 17-19.

Kedua pasangan terlibat drama permainan ketat dan poin-poin deuce pada akhir game kedua. Setelah lima kali menyamakan kedudukan, Greysia/Apriani mampu merebut game kedua dan memperpanjang permainan hingga game ketiga.

Selepas mendapatkan mental pertandingan dan titik balik pada game kedua, pasangan putri yang menempati peringkat 140 dunia itu lebih mendominasi permainan game ketiga dengan unggul 5-0, 8-1, 11-6, 17-9, 19-10, hingga menang 21-14.

"Lawan tidak mudah untuk ditaklukkan. Tapi, kami juga harus kuat mental bertanding meskipun faktor angin mempengaruhi pukulan kami," kata Apriani.

Apriani mengaku semangat bertanding tanpa menyerah juga didapat dari dukungan penuh Greysia yang merupakan seniornya di pelatnas Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

"Greysia selalu mengingatkan saya untuk tetap fokus dalam permainan meskipun kami sudah unggul dari lawan. Dengan dukungan itu, saya menjadi yakin sama diri saya sendiri," kata Apriani.

Pada laga putaran kedua, Greysia/Apriani akan menghadapi pasangan lain Korea Selatan Chang Ye Na/Lee So He yang merupakan ganda unggulan ketiga dalam turnamen tingkat super series premier itu.

"Kami ingin tetap fokus pada satu-per-satu pertandingan. Tapi, kami juga terus menjaga pikiran dan mental bertanding," ujar Greysia.

Pewarta: Imam Santoso

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017