Sungailiat (Antara Babel) - Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Tarmizi Saat menyarankan agar masyarakat yang akan mudik Lebaran menggunakan jasa angkutan umum atau angkutan massal.

Hal ini kata bupati di Sungailiat, Jumat, untuk menjaga keamanan dan memperlancar arus kendaraan di jalan.

"Kemacetan kendaraan khususnya di pulau Bangka relatif tidak terjadi seperti kota besar lainnya, namun volume kendaraan tetap akan meningkat pada saat memasuki waktu mudik terutama di pelabuhan penyeberangan," ujarnya.

Menurut bupati, kelancaran dan keamanan di jalan pada saat mudik tentu menjadi harapan semuanya, dan hal ini dapat terwujud jika masyarakat terutama pengguna kendaraan disiplin mematuhi aturan.

"Untuk memperlancar arus mudik kami akan berkoordinasi dengan pihak terkait termasuk penyedia angkutan massal seperti Perum Damri dan pengusaha jasa angkutan penumpang," katanya.

Bupati juga mengingatkan pemudik agar menghindari penggunaan sepeda motor karena potensi kerawanan cukup tinggi.

"Hindari menggunakan sepeda motor saat mudik karena sangat rawan kecelakaan. Pengendara akan kelelahan dengan jarak tempuh yang jauh," katanya.

Kalaupun terpaksa menggunakan kendaraan pribadi atau sepeda motor, dia menyarankan agar tetap menjaga stamina dan beristirahat jika mengalami kelelahan.

Pewarta: Kasmono

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017