Sungailiat (Antara Babel) - Kementerian Hukum dan HAM melalui Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Sungailiat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendukung kerja sama pemberdayaan narapidana.

"Prinsipnya kami tetap mendukung kerja sama dengan pihak pemerintah daerah memberdayakan napi melalui tenaga kebersihan," kata Kepala Lapas Klas II B Sungailiat, Sopyan di Sungailiat, Sabtu.

Melalui kerja sama itu nantinya, kata dia, berdampak positif bagi kedua belah pihak. Hal itu bagian dari proses pembinaan warga binaan pemasyarakatan.

"Kami memanfaatkan program ini sebagai upaya asimilasi persiapan bagi warga binaan sebelum kembalinya ke tengah masyarakat," katanya.

Dia mengatakan, program kerja sama ini sudah terbangun beberapa tahun yang lalu, namun untuk kegiatan tahun 2017 sempat terhenti dan rencananya akan kembali dilanjutkan.

"Kontrak kerja sama melalui kesepakatan nantinya tentu kami bahas kembali sistem teknis maupun non teknis sehingga tidak saling merugikan," katanya.

Bupati Bangka Tarmizi Saat mengatakan program kerja sama ini diperlukan untuk mendukung terciptanya kota bersih.

"Melalui dinas terkait, kontrak kerja sama sedang dipersiapkan dan mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah dapat terealisasi," ujarnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017