Pangkalpinang (Antara Babel) - Polres Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menambah 70 orang personil posko pengamanan Lebaran di pusat perbelanjaan modern guna memberikan pelayanan keamanan dan kenyamanan masyarakat untuk berbelanja kebutuhan Idul Fitri 1438 Hijriyah.

"Saat ini kita fokus pengamanan pusat perbelanjaan, karena kunjungan masyarakat yang meningkat tajam," kata Kabag Sumber Daya Manusia Polres Pangkalpinang Kompol Suradji di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan titik-titik rawan terjadi gangguan keamanan pada H-5 Lebaran Idul Fitri yaitu pusat perbelanjaan Ramayana, Banka Trade Center dan pasar tradisional, sementara terminal angkutan darat, pelabuhan dan bandara masih kondusif, karena arus mudik yang masih relatif normal.

"Saat ini pengunjung pusat perbelanjaan tidak hanya berasal dari Kota Pangkalpinang, tetapi masyarakat dari Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Bangka Barat dan Bangka Selatan untuk berbelanja berbagai kebutuhan Lebaran," ujarnya.

Suradji mengatakan dalam menciptakan situasi kondusif, pihaknya juga mengoptimalkan patroli di titik-titik rawan terjadi tindak kejahatan di kawasan pasar modern itu.

"Alhamdulillah situasi pasar masih kondusif dan aman, tertib dan lancar," ujarnya.

Untuk mengantisipasi tindak kejahatan, warga yang berbelanja kebutuhan Lebaran di pusat perbelanjaan diimbau untuk berhari-hati, tidak memakai perhiasan berlebihan serta memarkir kendaraan di tempat parkir resmi.

"Meskipun banyak personil kepolisian, Satpol PP dan Dinas Perhubungan yang disiagakan, namun diharapkan masyarakat tetap waspada dan berhati-hati," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017