Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang memprakirakan kondisi cuaca di daratan Provinsi Bangka Belitung (Babel) diselimuti awan gelap dan berpeluang hujan lebat berlaku mulai Jumat (15/11) pukul 07.00 WIB.


"Berdasarkan pantauan cuaca, tiga Kabupaten dan kota Pangkalpinang diprakirakan berawan hingga hujan lebat, dan tiga kabupaten lainnya berpotensi hujan dengan intensitas sedang," ujar Staf Koordinator Unit Analisa pada Kantor BMKG Pangkalpinang Supari, di Pangkalpinang, Kamis.


Menurut dia, tiga kabupaten yang diprakirakan kondisi cuacanya berawan berpeluang hujan lebat yakni Kabupaten Belitung, Belitung Timur dan Kabupaten Bangka.


Potensi hujan dengan intensitas sedang diprakirakan terjadi di Kabupaten Bangka Barat, kabupaten Bangka Tengah dan Kabupaten Bangka Selatan.


Ia menambahkan, kecepatan angin di daratan Bangka Belitung mencapai 20 kilometer per jam dengan arah angin dari Barat Daya ke Barat Laut.

Suhu udara di daratan Babel sendiri mencapai 30 derajat celcius dengan kelembaban udara berkisar antara 65 - 98 persen.


Sementara itu kata dia, gelombang dijalur penyeberangan Babel diperkirakan mengalami penurunan dari semula dua meter sekarang 1,3 meter.


Ia menambahkan, kecepatan angin di Perairan Babel berkisar antara 5 - 33 kilometer per jam.


Gelombang dengan ketinggian 1,5 meter terjadi di jalur penyeberanagan Utara Bangka dan Selat Karimata.


Ketinggian gelombang di jalur penyeberangan Babel lainnya yakni di Selatan Bangka, Selat Gelasa dan Selat Bangka mencapai 0,8 meter.


Demikian juga Pasang air laut perairan Babel mencapai ketinggian maksimum 2,05 meter yang terjadi siang hingga sore hari.

Pewarta: Pewarta: Rustam Effendi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2013