Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang mengeluarkan peringatan dini terkait potensi gelombang maksimum mencapai 3,0 meter di kawasan perairan selatan Pulau Bangka dan Selat Karimata pada Kamis (22/6).

"Waspadai ketinggian gelombang maksimum antara 2,0 sampai 3,0 meter di kawasan perairan dan di jalur-jalur penyeberangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," ujar prakirawan dari Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Anggun Rahmania, Rabu.

Ia mengatakan gelombang maksimum setinggi itu harus diwaspadai karena dapat membahayakan keselamatan pelayaran dan juga aktivitas melaut para nelayan tradisional.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka diprakirakan hanya antara 0,25 sampai 0,5 meter, di Selat Gelasa dan utara Bangka 0,25 sampai 0,75 meter, di selatan Bangka 0,25 sampai 1,0 meter dan di Selat Karimata antara 0,25 hingga 1,25 meter.

Ketinggian gelombang maksimum sendiri dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan, sehingga para pengguna jasa angkutan laut dan juga para nelayan diimbau agar senantiasa waspada selama beraktivitas di laut.

Kecepatan angin di perairan dan di jalur-jalur penyeberangan diprakirakan berkisar antara 8-36 kilometer per jam yang rata-rata bertiup dari Timur ke Selatan.

Sementara itu, cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Kamis diprakirakan berawan atau cerah berawan dengan potensi hujan ringan dan hujan lokal hampir merata di seluruh wilayah terutama pada siang hari.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan pada kisaran 20 kilometer per jam dengan suhu 24-32 derajat celsius dan kelembaban udara 65-95 persen.

BMKG Pangkalpinang juga mengimbau masyarakat di pesisir pantai agar mewaspadai ketinggian pasang air laut maksimum yang diprakirakan dapat mencapai 2,06 meter di pesisir pantai Membalong Kabupaten Belitung.

Ketinggian pasang air laut di pantai lain rata-rata di bawah dua meter. Di Sungailiat Kabupaten Bangka 1,94 meter, di Toboali Kabupaten Bangka Selatan 1,87 meter, di Muntok Kabupaten Bangka Barat 1,37 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,25 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,26 meter dan di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,98 meter.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017