Pangkalpinang (Antara Babel) - Tempat pemakaman umum (TPU) di Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung dipenuhi para peziarah dari berbagai daerah usai melaksanakan shalat Idul Fitri 1438 Hijriah.

Pantauan Antara, Minggu pagi, warga tampah memadati beberapa TPU di antaranya di kawasan Jalan Mentok dan Bukit Merapen. Selain berdoa, para peziarah juga tampak membersihkan kuburan sanak keluarganya.

Selain itu, tampak ratusan kendaraan roda dua dan empat terparkir di sepanjang jalan di kawasan kedua TPU tersebut yang sempat membuat macet lalu lintas.

Salah satu peziarah asal Kecamatan Rangkui, Kota Pangkalpinang, Hendra mengaku rutin berziarah ke kuburan keluarganya setiap Idul Fitri.

"Kami berziarah ke kuburan kedua orang tua kami untuk mendoakannya dan merupakan salah satu cara untuk tetap mendekatkan diri kepada Allah SWT, bahwa semua yang hidup akan kembali kepadaNya," katanya.

Nanda, salah seorang peziarah di TPU Bukit Merapen juga mengatakan ziarah ini selalu dilakukan keluargannya setiap tahun setelah Sholad Ied untuk mendoakan orang tua dan keluarga yang sudah meninggal dunia.

"Setiap tahun setelah shalat Ied kami sekeluarga berziarah ke kuburan orang tua dan keluarga lainnya. Kami berharap dengan ziarah ini Allah AWT memberikan kelapangan dan ketenangan kepada arwah orang tua kami di alam barzah serta terhindar dari siksaan kubur," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017