Pangkalpinang (Antara Babel) - Perencanaan APBD Kota Pangkalpinang tahun 2014 saat ini masih dalam tahap transisi karena wali kota baru saja dilantik meski proses pembahasannya sudah berjalan, ujar anggota Badan Anggaran DPRD Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, Dodi Kusdian.


"Saat ini DPRD perlu mengakomodasi beberapa visi misi atau kebijakan-kebijakan wali kota terpilih yang belum masuk APBD 2014," katanya di Pangkalpinang, Senin.


Menurut dia, kondisi tersebut membutuhkan waktu untuk melakukan penyesuaian terhadap APBD yang sudah dibahas terhadap apa yang menjadi keinginan wali kota.


Ia mengatakan, saat ini wali kota sedang membuat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), untuk itu perlu ada pembicaraan yang lebih serius antara wali kota dengan DPRD Kota Pangkalpinang agar apa saja yang menjadi visi misi kepala daerah bisa dimasukkan ke dalam APBD 2014.


"Pembahasan APBD 2014 harus diselesaikan pada Desember 2013, sehingga DPRD perlu melakukan pembicaraan serius dengan Wali Kota Pangkalpinang apa yang menjadi visi misinya untuk pembangunan," kata dia.


Selain itu, menurut dia, DPRD Kota Pangkalpinang juga harus berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung mengenai dana bantuan, mengingat setiap tahun daerah itu selalu bermasalah berkenaan dengan dana tersebut atau anggaran provinsi yang harus dimasukkan ke dalam APBD 2014.


Ia menjelaskan, setiap tahun anggaran dana bantuan selalu masuk ke dalam APBD perubahan dan jarang sekali ke dalam APBD induk. Untuk itu koordinasi harus dilakukan.


"Namun demikian kita berharap pembahasan APBD ini bisa benar-benar tuntas bulan depan," katanya.

Pewarta: Pewarta: Ongku Sutan H

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2013