Pangkalpinang (Antara Babel) - BMKG Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengimbau warga agar mewaspadai ketinggian pasang air laut pada sejumlah pesisir pantai yang berpotensi mencapai dua meter atau lebih pada Sabtu (22/7) di wilayah itu.

Menurut prakirawan dari Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang Anggun Rahmania, Jumat ketinggian pasang air laut tersebut dapat membahayakan keselamatan. Karenanya warga diimbau agar tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas.

BMKG memprakirakan ketinggian pasang air laut maksimum di pesisir pantai Sungailiat Kabupaten Bangka mencapai 2,37 meter,  Membalong, Kabupaten Belitung 2,31 meter, Toboali, Kabupaten Bangka Selatan 2,03 meter dan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur 2,01 meter.

Ketinggian pasang air laut maksimum di bawah dua meter diprakirakan terjadi di pesisir pantai Muntok, Kabupaten Bangka Barat yakni sekitar 1,87 meter, kemudian  Belinyu, Kabupaten Bangka 1,66 meter dan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung 1,58 meter.

Pada kesempatan itu BMKG juga mengimbau warga agar mewaspadai potensi gelombang maksimum yang dapat mencapai 3,0 meter pada kawasan perairan dan jalur-jalur penyeberangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Gelombang maksimum 2,0 hingga 3,0 meter diprakirakan dapat terjadi di perairan Selat Karimata, Selat Gelasa dan di kawasan utara Pulau Bangka.

Ketinggian gelombang signifikan pada jalur penyeberangan Selat Karimata diprakirakan  0,5 sampai 1,25 meter, di kawasan utara Pulau Bangka dan Selat Gelasa 0,5 sampai 1,0 meter, sementara  selatan Pulau Bangka dan Selat Bangka 0,25 sampai 0,75 meter.

"Ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan, karenanya para pengguna jasa angkutan laut dan juga nelayan tradisional diimbau agar tetap waspada selama beraktivitas di laut," kata Anggun Rahmania.

Kecepatan angin di perairan dan  jalur-jalur penyeberangan sendiri diprakirakan 8 hingga 40 kilometer per jam yang rata-rata berhembus dari Timur ke Selatan.

Pada bagian lain BMKG juga merilis potensi hujan ringan yang berpeluang terjadi hampir seluruh wilayah daratan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Sabtu, terutama pada siang hari.

Secara umum cuaca di daratan cerah berawan dengan kecepatan angin pada kisaran 20 kilometer per jam, suhu 24-32 derajat celsius, dan kelembaban udara 60-95 persen.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017