Toboali (Antara Babel) - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Badan Pertanahan Nasional  Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Iwan Taruna Isa mengatakan membutuhkan dukungan pemerintah daerah untuk melakukan sosialisasi program sertifikasi tanah, guna meningkat kesadaran  masyarakat di daerah itu.

"Jumlah lahan milik masyarakat yang belum bersertifikat banyak, maka kami perlu dukungan pemda untuk melakukan sosialisasi ini," kata Iwan Taruna Isa usai peresmian Kantor BPN Kabupaten Bangka Selatan di Toboali, Rabu.

Ia menjelaskan banyak manfaat yang diperoleh bila lahan atau tanah sudah bersertifikat. Selain bisa menjadi agunan untuk permodalan juga bisa menjadi tanda hak milik.

"Kalau ada persoalan mengenai tapal batas, maka permasalahan itu bisa selesai dengan menunjukkan sertifikat," katanya.

Menurut dia dukungan pemda bisa dilakukan dengan melaksanakan sosialisasi mulai dari camat, lurah hingga kepala lingkungan, sehingga proses pembuatan sertifikat bisa cepat.

"Kegiatan sosialisasi ini penting, agar masyarakat  lebih mengerti dan paham tentang pentingnya membuat sertifikat lahannya," katanya.

Menurut dia proses pembuatan sertifikat itu melalui mekanisme yang telah diatur salah satunya yaitu bukti pembayaran pajak bumi dan bangunan.

Namun ada beberapa kabupaten di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini mengratiskan biaya pajak bila hendak membuat sertifikat seperti Kabupaten Bangka Barat.

Ia berharap dengan peresmian kantor ini pelayan kepada masyarakat dapat berjalan dengan baik dan cepat.

"Kami berharap semoga Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan juga dapat mengratiskan biaya pajak untuk pembuatan sertifikat seperti Bangka Barat, sehingga minat masyarakat dapat meningkat," harapnya.

Pewarta: Juniardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017