Pangkalpinang (Antara Babel) - Perum Bulog Subdivisi Regional Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendatangkan satu ton bawang putih, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menyambut Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriyah.

"Dalam waktu dekat ini satu ton bawang putih dari Palembang, Sumatera Selatan, ada di gudang," kata Kepala Bulog Subdivre Bangka Tri Novianti di Pangkalpinang, Kamis.

Ia menjelaskan saat ini stok bawang putih di gudang Bulog Subdivre Bangka kosong, karena permintaan masyarakat yang cukup tinggi.

"Pada pekan lalu kami sudah meminta penambahan stok bawang putih ini dan mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah ada untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Bangka Barat dan Bangka Selatan," ujarnya.

Novianti mengatakan penambahan stok bawang putih sebagai upaya pemerintah dalam menjaga stabilitas harga komoditas tersebut. Apalagi menjelang Lebaran Kurban ini diperkirakan permintaan masyarakat meningkat signifikan.

"Saat ini harga bawang putih di pasaran masih bertahan stabil, karena stok bawang pedagang cukup dan permintaan yang masih relatif normal," ujarnya.

Namun demikian, kata dia pihaknya tidak berpedoman terhadap kondisi stok dan harga di pasaran dalam menambah stok bawang putih, karena ini sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk memperkuat stok dalam menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok masyarakat itu.

"Jangan sampai terjadi lonjakan harga tinggi, karena ketersediaan stok yang kurang. Kenaikan harga tinggi jelas akan meresahkan dan memberatkan ekonomi masyarakat kurang mampu dalam menyambut dan merayakan Idul Adha tahun ini," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017