Sungailiat (Antara Babel) - Wakil Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rustamsyah meminta para Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) lebih mengoptimalkan pembinaan terhadap petani lada di daerah itu.

"PPL harus mendampingi dan membina para petani lada di daerah ini agar mereka mampu meningkatkan hasil produksinya lebih baik," kata Wabup Rustamsyahdi Sungailiat, Jumat.

Selain itu, kata dia, pembinaan kepada para petani tersebut agar mereka bisa mengembangkan tanaman lada sebagai salah satu komoditas unggulan.

"Tanaman lada ini merupakan komoditas unggulan di daerah kami jadi harus kami kembangkan dan sangat perlu pembinaan," katanya.

Menurut dia, selama ini para petani lada selalu mengeluhkan penyakit kuning yang menggerogoki daun lada siap panen.

"Penyakit kuning pada lada itu termasuk penyakit yang sangat berbahaya dan ketika menyerang tanaman lada dapat dipastikan tanaman itu sulit untuk diselamatkan," katanya.

Ia mengatakan, PPL harus sungguh-sungguh mendampingi para petani mulai dari pembibitan, pemiliharaan hingga masa panen lada.

"Para PPL harus menuntun, membimbing dan melatih petani lada sehingga mereka benar-benar mengerti bagaimana cara menanam lada yang baik," katanya.

Ia mengatakan, dengan adanya bimbingan dari PPL tentu petani lada memiliki ilmu terkait pola menanam lada yang baik dan cepat panen serta mampu meningkatkan produksi.

"Peran PPL sangat menentukan untuk mengubah cara pikir petani dan cara menanam lada yang baik. Jika pola tanam baik, tentu hasilnya juga akan memuaskan," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017