Muntok (Antara Babel) - Kapolres Bangka Barat AKBP Hendro Kusmayadi menyatakan seluruh perairan di wilayah hukum Polres setempat terbebas dari aktivitas penangkapan ikan secara liar.

"Melalui patroli rutin yang dilakukan anggota Satuan Polisi Perairan Polres Bangka Barat dapat dipantau seluruh perairan laut di wilayah itu aman dari penangkapan ikan yang menyalahi aturan, perompakan dan kejahatan pelayaran lainnya," kata Hendro Kusmayadi di Muntok, Kamis.

Hal ini dikatakan Hendro Kusmayadi usai patroli laut menggunakan Kapal KP 1602/C2 bersama personel Satpolair didampingi Kepala Satpolair, Kasat Intelkam dan KBO Reskrim.

Patroli dilaksanakan dari Pelabuhan Tanjungkalian dilanjutkan ke perairan Rambat dan berakhir di Tanjunggunting Parittiga.

"Patroli laut oleh Personel Satuan Polair rutin dilakukan menggunakan kapal berkekuatan mesin 150 PK dan mampu menempuh kecepatan 60 km per jam, kapal ini cukup mumpuni untuk dijadikan kapal pengamanan jadi masyarakat tidak perlu khawatir saat melaut," kata dia.

Menurut Kapolres, patroli rutin di perairan rutin dilaksanakan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, khususnya nelayan dan pelaku jasa pelayaran di daerah itu.

"Dalam setiap patroli yang dilakukan selalu mendapatkan apresiasi positif dari masyarakat, itu yang menambah semangat anggota dalam melaksanakan patroli," katanya.

Selain bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga yang beraktivitas di laut, patroli juga sebagai sarana menjalin silaturahim dan mempererat kerja sama antara polisi dengan masyarakat.

"Kedekatan dengan masyarakat akan memudahkan Kepolisian dalam mencegah adanya tindak kriminal maupun gangguan lain yang dapat meresahkan masyarakat nelayan," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017