Pangkalpinang (Antara Babel) - Sebanyak 36 SMA/SMK di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sudah menerapkan sistem "full day school" (FDS) untuk mengoptimalkan proses belajar mengajar.

"Tahun ini sudah 36 sekolah yang menerapkan 'full day school'. Kami rasa ini lebih optimal, sehingga ada peningkatan kualitas pendidikan serta peningkatan kualitas keluarga," kata Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Minggu.

Ia menjelaskan, bagi sekolah yang sudah menerapkan FDS diharapkan mampu mengimbanginya dengan pelajaran agama, sehingga pendidikan agama di sekolah juga lebih optimal.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Babel M Soleh menambahkan, sejauh ini sudah 19 SMA dan 17 SMK yang menerapkan FDS  sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017.

"Di Babel sudah 19 SMA dan 17 SMK yang menerapkan 'full day school'. Tahun ini banyak peningkatan bagi yang menerapkan 'full day school' dibandingkan tahun sebelumnya," ujarnya.

Menurut Soleh, Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Babel sudah mengimbau seluruh sekolah agar menerapkan FDS karena dianggap lebih optimal untuk peningkatan kualitas dalam keluarga.

"Imbauan sudah kami sebarkan, dijalankan atau tidak oleh sekolah tidak dipaksakan. Tergantung sekolah bisa atau tidak menyesuaikan," ujar dia pula.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017