Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memprakirakan ketinggian pasang air laut di kawasan pesisir pantai di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Kamis (21/9) relatif normal.

"Ketinggian pasang air laut maksimum di pesisir pantai Kepulauan Bangka Belitung rata-rata di bawah dua meter kecuali di Sungailiat Kabupaten Bangka dan Membalong Kabupaten Belitung," ujar prakirawan dari Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Slamet Supriyadi, Rabu.

Ketinggian pasang air laut maksimum di pesisir pantai Sungailiat Kabupaten Bangka di prakirakan sekitar 2,07 meter dan di Membalong Kabupaten Belitung sekitar 2,10 meter.

Sementara itu ketinggian pasang air laut di pesisir pantai Toboali Kabupaten Bangka Selatan sekitar 1,78 meter, di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,32 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka sekitar 1,32 meter, di Mentok Kabupaten Bangka Barat 1,26 meter, dan di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,15 meter.

"Namun demikian kami tetap mengimbau agar warga ataupun wisatawan waspada karena ketinggian pasang air laut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung cuaca dan kecepatan angin," kata Slamet.

Pada kesempatan itu BMKG memprakirakan ketinggian gelombang di perairan dan jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung masih relatif aman.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka diprakirakan antara 0,25 sampai 0,75 meter, di Selat Gelasa dan utara Pulau Bangka 0,5 sampai 1,0 meter, di selatan Pulau Bangka 0,5 sampai 1,25 meter, sedangkan di Selat Karimata 0,75 sampai 1,25 meter.

Para pengguna jasa angkutan laut serta nelayan tradisional tetap diimbau agar waspada selama berada di perairan, mengingat ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan.

Kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung berkisar antara 8 hingga 38 kilometer per jam yang bergerak dari Timur ke Selatan dan Timur hingga Barat Daya.

Cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sendiri sepanjang Kamis diprakirakan cerah berawan dan berawan tebal dengan peluang hujan sedang yang disertai petir pada dini hari, terutama di wilayah Kabupaten Bangka Barat dan Kabupaten Bangka.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan pada kisaran 10 sampai 30 kilometer per jam dengan suhu 23 sampai 34 derajat Celcius dan kelembaban udara 45 hingga 95 persen.

Pewarta: Adhitya SM

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017