Pangkalpinang (Antara Babel) - Sebanyak 155 Pendidik Anak Usia Dini se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengikuti diklat dedikasi untuk negeri, guna meningkatkan kompetensi dan kualitas tenaga pendidik di daerah itu.

"Para guru PAUD ini pendidik generasi emas (golden age), sehingga pelatihan untuk mereka harus diprioritaskan," kata Kepala Dinas Pendidikan Kepulauan Babel, M Soleh di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia menjelaskan melalui diklat dedikasi ini melahirkan SDM yang berkualitas. Jika SDM nya berkualitas, maka Pendidik Anak Usia Dini (PAUD) di Babel juga dijamin kualitasnya.

"Ditangan mereka kita melahirkan generasi penerus bangsa yang berkualitas. Untuk itu standar Pendidikan untuk anak usia dini harus terus diperhatikan, karena di sinilah kunci layanan PAUD berkualitas," ujarnya.

Ketua Pengurus Wilayah Himpunan Pendidik Anak Usia Dini (PW HIMPAUDI) Kepulauan Babel, Djamilah mengatakan diklat dedikasi ini diikuti 155 guru PAUD se-Babel. Diklat terbagi dalam tiga tingkatan, tingkat dasar, lanjut dan mahir.

"Diklat dedikasi yang diikuti pendidik PAUD ini berjenjang, dimulai DRI tingkat dasar untuk mereka yang baru pertama mengikuti diklat, diklat lanjut untuk mereka yang sudah mengikuti diklat dasar, dan diklat mahir bagi mereka yang sudah mengikuti diklat dasar dan lanjut," ujarnya.

Menurut dia semua peserta diklat tidak dipungut biaya karena pemerintah memberikan gratis diklat ini, dengan harapan dapat mewujudkan pendidik PAUD yang berkualitas dan berkompeten.

"Diklat ini gratis tanpa biaya. Kita hanya menyiapkan nara sumber saja yang tak lain adalah anggota Himpaudi Babel yang sudah mengikuti PCP, peserta luar daerah juga kita siapkan asrama untuk menginap karena diklat berlangsung hingga 7 hari," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017