Koba (Antara Babel) - Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ibnu Saleh meminta para kepala desa lebih fokus mengembangkan potensi pertanian dan prospeknya cukup cerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani di pedesaannya.

"Sekarang anggaran dana untuk desa sudah besar, maka kepala desa harus jeli menggunakan uang untuk kesejahteraan masyarakat dan saya minta kepala desa melirik sektor pertanian untuk digali dan dikembangkan," katanya di Koba, Senin.

Ia menjelaskan pertanian menjadi sektor alternatif dan memiliki prospek yang cukup bagus untuk dikembangkan terutama tanaman hortikultura karena lebih cepat panen dan permintaan pasar cukup tinggi.

"Apalagi di daerah pedesaan masih memiliki lahan kosong yang cukup luas dan subur untuk ditanami produk pertanian yang bisa menghasilkan dalam waktu cepat," ujarnya.

Ibnu Saleh menyarankan masyarakat menekuni menanam komoditas bawang merah karena cocok dengan tanah dan memiliki prospek pasar yang cukup bagus mengingat tingginya permintaan pasar.

"Para kepala desa dalam pengelolaan APBDes tahun ini saya minta supaya dapat dianggarkan dana untuk petani mengikuti pelatihan budi daya bawang merah di daerah yang dinilai berhasil melakukan budi daya bawang merah," ujarnya.

Ia mengatakan pemerintah daerah mendorong masyarakat yang benar-benar serius menanam berbagai jenis tanaman hortukultura karena permintaan tidak pernah sepi.

"Tidak hanya bawang merah, komoditas lain juga cukup menjanjikan untuk dikembangkan di antaranya cabai merah dan berbagai jenis tanaman sayur mayur," ujarnya.

Menurut dia sektor pertanian hortikultura memiliki prospek yang cukup bagus dan sangat memungkinkan dikembangkan di Kabupaten Bangka Tengah karena kondisi tanah yang masih subur.

"Jika masyarakat benar-benar serius bercocok tanam, bukan tidak mungkin menjadi sektor utama untuk menggerakkan roda perekonomian keluarga," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017