Pangkalpinang (Antara Babel) - Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan Pangkalbalam, Polres Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung terus meningkatkan pengawasan di Pelabuhan Pangkalbalam yang menjadi akses keluar masuk barang di daerah itu.

Kapolsekwas Pangkalbalam AKP Faris Budiman di Pangkalpinang, Selasa, mengatakan pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk mencegah masuknya barang ilegal melalui pelabuhan setempat.

"Kami akan melakukan koordinasi dengan pihak otoritas pelabuhan untuk melakukan pengamanan secara intensif sehingga diharapkan segala jenis barang ilegal tidak masuk ke Pangkalpinang," katanya.

Selain itu, pihaknya juga rutin melakukan pendataan terhadap sopir dan kendaraan jenis truk angkutan yang beroperasi di wilayah hukumnya.

Menurut dia pendataan terhadap sopir dan truk angkutan tersebut untuk mengantisipasi terjadinya tindak kriminalitas maupun praktik penyelundupan barang-barang ilegal dan narkoba melalui pelabuhan.

"Apabila ada kejadian kriminalitas yang melibatkan sopir dan mobil truk di Pelabuhan Pangkalbalam, maka kami bisa dengan mudah mengatasinya, karena kami mengatongi identitas mobil, sopir dan ekspedisinya," ujarnya.

Ia mengatakan, dalam pendataan ini petugas memberikan kartu komunitas kepada sopir dan stiker nomor kendaraan untuk dipasang di kendaraan sebagai tanda pengenal saat beropreasi.

"Jika sudah didata, selanjutnya kami akan meregistrasikan dan menempelkan stiker sebagai tanda identitas sehingga pendataannya lebih efektif dan efisien," ujarnya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017