Koba (Antara Babel) - Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka  Belitung, Ibnu Saleh mengingatkan masyarakat dan para pemilik usaha di daerah itu untuk taat membayar pajak.

"Pajak adalah kewajiban dan bagian dari sumber pemasukan daerah, taat pajak berarti sudah memberikan kontribusi terhadap daerah," ujarnya di Koba, Jumat.

Ia menjelaskan, aparatur sipil negara di daerah ini harus memberikan contoh untuk taat membayar pajak termasuk laporan pajak tahunan.

"Sejauh ini pemerintah daerah sudah taat melaporkan pajak tahunan dan membantu menyosialisasikan kewajiban membayar pajak kepada masyarakat di daerah ini," ujarnya.

Ia mengatakan, sektor perdagangan menyumbang pajak terbesar dan itu sangat membantu daerah dalam menambah pendapatan.

"Data dari  Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama memang sektor perdagangan menyumbang pajak terbesar, ternyata bukan sektor pertambangan bijih timah," ujarnya.

Ia mengatakan, pendapatan dari sektor pajak sangat menentukan dalam membangun dan menjalan program daerah yang sudah direncanakan.

"Uang hasil pajak dari masyarakat kembali kepada masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan," ujarnya.

Ia mengatakan, pemerintah daerah akan terus menyosialisasikan terkait taat membayar pajak kepada masyarakat dengan harapan dapat meningkatkan kesadaran dan tidak lalai terhadap kewajiban.

"Sosialisasi itu penting dan harus terus dilakukan untuk mengingatkan kepada wajib pajak atas kewajiban yang harus mereka tunaikan," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017