Koba, Babel (Antara Babel) - Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ibnu Saleh mengatakan kegiatan "sport tourism" sangat strategis untuk mempromosikan potensi wisata di daerah ini.

"Kami sekarang sedang fokus mengembangkan sektor kepariwisataan dan sport tourism atau wisata olahraga merupakan strategi yang cukup efektif untuk mempromosikan potensi wisata," katanya, di Koba, Jumat.

Ia menjelaskan, Pemkab Bangka Tengah sudah beberapa kali menyelenggarakan kejuaraan nasional cabang olahraga tertentu, di antaranya panjat tebing, takraw pantai, maraton, dan sepeda gunung untuk ajang promosi bagi daerah itu.

"Pesertanya berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan sangat membantu daerah dalam mempromosikan potensi objek wisata di daerah ini," ujarnya lagi.

Ibnu meminta dinas terkait terus menyelenggarakan kegiatan olahraga berskala nasional sebagai upaya mempromosikan objek wisata potensial di daerah itu.

"Dalam beberapa tahun ke depan, kami akan menjadikan daerah ini sebagai daerah tujuan wisata, tentu harus menggencarkan promosi dan sport tourism satu dari upaya efektif dalam kegiatan promosi," katanya lagi.

Ibnu mengakui memajukan sektor kepariwisataan tidak semudah membalikkan telapak tangan, tetapi perlu proses dan waktu yang panjang.

"Memajukan dunia kepariwisataan tidak serta merta, tetapi perlu waktu, proses, dan strategi yang tepat karena terkait dengan minat dan jumlah kunjungan wisatawan," ujarnya lagi.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017