Pangkalpinang (Antara Babel) - Forum Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui program "BUMN Mengajar" membekali para mahasiswa terkait peran perbankan dalam mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Kegiatan tersebut berlangung di gedung rektorat Universitas Bangka Belitung (UBB) di Balunijuk, Kabupaten Bangka, Rabu, diikuti para mahasiswa Fakultas Ekonomi dari berbagai angkatan.

BUMN Mengajar kali ini menghadirkan pemateri Kabag Bisnis Bank BRI Kantor Wilayah Palembang, Sumatera Selatan, Darmanto, SE, MM, sementara Wakil Dekan I Bidang Akademik & Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi UBB, Khairiyansyah, SE, MM tampil sebagai moderator.

Selain terkait peran perbankan dalam mengembangkan dan memajukan UMKM, para mahasiswa Fakultas Ekonomi UBB juga diperkenalkan tentang tata cara bertransaksi perbankan secara daring.

"Kami berharap program BUMN Mengajar ini dapat memberi manfaat sekaligus menambah pengetahuan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja," ujar Ketua Forum BUMN Kepulauan Babel, Susanna Saragih.

Ia mengatakan kegiatan BUMN mengajar tersebut diharapkan dapat memotivasi mahasiswa untuk lebih giat belajar di bangku kuliah sehingga dapat membentuk mental dan karakter yang kuat untuk meraih cita-cita.

"Para mahasiswa juga diharapkan dapat mencontoh para pimpinan BUMN yang hadir pada kesempatan ini. Mereka tidak mungkin menjadi pimpinan kalau tidak belajar dan bekerja keras. Jabatan yang diraih tidak mudah dan tidak instan, tetapi melalui proses panjang dan itu semua dimulai dari bawah," ujarnya.

Susanna berharap kuliah umum tersebut dapat memberi pemahaman yang lebih luas kepada para mahasiswa terkait materi yang disampaikan. "Jadi silakan tanyakan apa saja terkait peranan perbankan dalam mendorong pengembangan UMKM," katanya.

Wakil Dekan II Bidang Umum dan Keuangan Fakultas Ekonomi UBB, Suhaidar SE, MSi menyambut baik program BUMN Mengajar karena mahasiswa dapat mengenal dunia usaha sehingga mereka lebih siap menghadapi dunia kerja.

"Kami mengapresiasi program ini karena dapat menambah pengetahuan, kemampuan dan keterampilan mahasiswa dalam dunia kerja. Paling tidak mereka pasti termotivasi untuk bekerja di perusahaan-perusahaan BUMN," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017