Sungailiat (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan mendirikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di tiga kecamatan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah itu.

"Tiga rumah sakit tersebut yaitu Rumah Sakit Umum Daerah di Kecamatan Sungailiat, Rumah Sakit Pratama Eko Maulana Ali di Kecamatan Belinyu dan Rumah Sakit Pratama Syafrie Rahman di Kecamatan Puding Besar," kata Bupati Bangka, Tarmizi Saat di Sungailiat, Senin.

Menurut Tarmizi, secara bertahap berupaya memberikan pelayanan kesehatan masyarakat dengan menyediakan sarana rumah sakit yang ada di sejumlah kecamatan.

Penyediaan sarana rumah sakit  diharapkan mempermudah akses layanan kesehatan bagi masyarakat di wiayah kecamatan itu dan sekitarnya.

Dengan tersedianya tiga rumah sakit di kecamatan itu, masyarakat akan dipermudah dan cepat mendapatkan layanan kesehatan karena jangkuannya tidak jauh.

"Sebelumnya untuk mendapatkan layanan kesehatan rawat inap bagi masyarakat di Kecamatan Puding Besar atau di Kecamatan Belinyu, harus di rumah sakit umum daerah Sungaiiat dengan yang jarak tempuh waktu perjalanan 30 sampai 60 menit," katanya.

Khusus di Rumah Sakit Pratama Eko Maulana Ali di Kecamatan Belinyu dan rumah sakit Pratama Syafrie Rahman di Kecamatan Puding Besar, kata dia, bertahap akan dilengkapi dengan sarana peralatan kesehatan yang memadai sehingga pihak rumah sakit dapat menangani pasein dengan penyakit tertentu.

"Selain ketersediaan peralatan medis, petugas kesehatan termasuk doterpun akan terus ditambah atau disesuaikan dengan kebutuhannya," jelas bupati.

Menurutnya, layanan kesehatan merupakan salah satu dari program utamanya guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat baik yang di wilayah pedesaan maupun perkotaan.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017