Pangkalpinang (Antara Babel) - Kodam II/Sriwijaya melalui Korem 045/Gaya menggelar kegiatan bakti sosial meliputi pembagian sembako, pemasangan alat kontrasepsi serta pengobatan gratis di Desa Kace, Kabupaten Bangka, Rabu.

Kepala Staf Kodam II/Sriwijaya Brigjen TNI Marga Taufiq mengatakan, selain bakti sosial pihaknya juga menggelar berbagai kegiatan lain seperti peresmian pemanfaatan sumur bor, penyerahan rumah yang telah selesai dibedah, dan pembangunan sarana mandi cuci kakus (MCK) umum.

"Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan HUT TNI ke-72. Kami sudah lakukan kegiatan bakti sosial ini di empat wilayah Korem dan Bangka Belitung adalah daerah ke empat," katanya.

Brigjen Marga Taufiq menyebutkan, kegiatan ini merupakan wujud kepedulian sosial TNI terhadap masyarakat, khususnya bagi mereka yang tidak mampu.

"Di sini diharapkan TNI bersama pemerintah daerah dapat terus berupaya melakukan pemberdayaan sehingga ada peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Selain itu, prajurit Kodam II/Sriwijaya yang bertugas di Korem 045/Gaya dan jajaran juga harus menyatu dengan rakyat karena hal itu sebagai kekuatan utama dalam menjalankan tugas.

Ia juga menjelaskan TNI itu berasal dari rakyat sehingga harus bersama rakyat membangun daerah, supaya peran serta rakyat dengan TNI semakin menyatu dalam membantu pemda dalam mempercepat pembangunan daerah.

"Apalagi tema ulang tahun sekarang ini 'Bersama Rakyat TNI Kuat' sehingga itu harus diwujudkan," ujarnya.

Menurut Kasdam, kedekatan TNI dan masyarakat merupakan inti dari pertahanan semesta yang dianut selama ini.

"Maka dari itu marilah kita jalankan fungsi masing-masing dalam rangka saling berkontribusi dalam membangun daerah khususnya di Bumi Serumpun Sebalai," katanya.

Acara bakti sosial tersebut juga dihadiri Wakil Gubernur Abdul Fatah, Danrem 045/Gaya Kol Inf Abdurrahman, Wakapolda Kombes (Pol) Tantan Sulistyana, Bupati Bangka Tarmizi Saat, dan Dandim 0413 Bangka Letkol Daniel L Nainggolan.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017