Muntok (Antara Babel) - Wakil Bupati Bangka Barat Markus mengajak pemerintah desa mengoptimalkan pemanfaatan potensi unggulan daerah masing-masing guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat secara signifikan.

"Desa merupakan ujung tombak pelaksanaan pembangunan daerah, jika pemerintah desa jeli menggali, mengembangkan, dan memberdayakan potensi unggulan yang ada maka warganya akan semakin sejahtera dan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi daerah," katanya di Muntok, Kamis.

Dia menjelaskan agar bisa mengoptimalkan pemanfaatan potensi yang dimiliki, pemerintah desa diwajibkan jeli dalam melihat potensi yang dimiliki, baik potensi sumber daya alam maupun warga desanya.

Setelah memahami potensi dilanjutkan dengan membentuk skala prioritas agar pembangunan yang dijalankan sesuai dan mewadahi kebutuhan warga.

"Hal ini perlu dilakukan agar pemanfaatan Dana Desa yang dikucurkan cukup besar dari pemerintah bisa efektif dan tepat sasaran," kata dia.

Dia menjelaskan Dana Desa disalurkan untuk pembangunan pedesaan yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemanfaatan potensi sumber daya alam dan pemberdayaan sumber daya manusia secara optimal.

Warga desa diharapkan juga bisa berkomunikasi secara baik dengan perangkat pemerintah desa untuk memudahkan realisasi pembangunan yang dijalankan.

"Pembangunan bisa berjalan jika ada kebersamaan antara pemerintah dengan warga, kepala desa memiliki peran penting untuk mengakomodasi seluruh kebutuhan warganya," kata dia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017