Koba (Antara Babel) - Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ibnu Saleh meminta para penyuluh memberikan bimbingan kepada petani agar produksi tanaman lada dapat mencapai 1 kilogram lebih per batang.

"Laporan penyuluh kepada saya rata-rata produksi lada hanya enam ons per batang, saya minta ditingkatkan lagi menjadi 1 kilogram lebih," ujarnya di Koba, Senin.

Ia menjelaskan, di Vietnam produksi lada dapat mencapai 4 kilogram lebih per batang. Petani di daerahnya juga harus bisa demikian atau setidaknya di atas 1 kilogram per batang.

"Kita harus banyak belajar dari Vietnam yang petani ladanya tergolong sukses. Petani kita bisa asalkan tekun dan mengubah pola tanam," ujarnya.

Ia mengatakan, pemerintah saat ini sedang berkonsentrasi mengembangkan tanaman lada dengan terus mendorong petani untuk tekun dan mengubah pola tanam serta selalu mengikuti saran para penyuluh.

"Kalau petani lada ingin sejahtera, satu-satunya cara adalah meningkatkan produksi karena tanpa itu petani tidak akan bisa sejahtera apalagi dengan pola tanam tradisional," katanya.

Ia juga meminta kepada penyuluh untuk mendata secara faktual sejumlah petani yang produksi ladanya jauh lebih tinggi dibanding petani lada lainnya.

"Laporkan kepada saya kalau ada petani yang produksi ladanya tinggi, saya akan langsung meninjau areal tanaman lada petani itu dan kapan perlu dijadikan kebun percontohan untuk mendorong petani lainnya agar lebih terpicu meningkatkan produksi," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017