Pangkalpinang (Antara Babel) - Manajer PLN Area Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Eko Prihandana mengajak masyarakat di daerah itu untuk menggunakan kompor induksi agar dapat lebih berhemat dan aman.

"Kompor induksi ini menggunakan listrik, di mana biayanya lebih hemat jika dibandingkan dengan menggunakan kompor gas dan ini telah diujikan oleh mahasiswa Institut Pertanian Bogor," katanya di Pangkalpinang, Senin.

Dia mengatakan, kompor induksi ini akan mulai dipromosikan kepada masyarakat saat perayaan puncak Hari Listrik Nasional pada 5 November 2017 di Alun-Alun Taman Merdeka.

Dikatakannya, bagi masyarakat yang berminat untuk membeli kompor induksi dapat datang langsung ke Alun-Alun Taman Merdeka Kota Pangkalpinang pada 5 November nanti, di mana PLN sudah menyiapkan sebanyak 400 unit dengan diskon sebesar 50 persen.

"Harapan kami selain masyarakat bermigrasi dari listrik pascabayar ke prabayar, mereka juga beralih dari mengunakan gas menjadi menggunakan listrik. Kompor induksi ini juga suhunya bisa diatur mulai dari 100 derajat sampai dengan 1200 derajat celsius," ujarnya.

Eko mengatakan, kompor induksi ini sangat aman digunakan, karena dalam penggunaannya suhu dan waktunya bisa diatur sesuai dengan keperluan saat memasak.

"Jadi jika kita bisa menyetel waktu memasak maunya berapa lama, maka setelah lewat dari waktu yang ditentukan kompor induksinya akan mati secara otomatis," ujarnya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017