Pangkalpinang (Antara Babel) - Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar upacara dalam rangka memperingat Hari Ulang Tahun (HUT) Sumpah Pemuda ke-89 di lapangan kantor Wali Kota Pangkalpinang, Senin.

Wali Kota Pangkalpinang,  M Irwansayah, Senin, mengatakan sumbangsih para pemuda Indonesia yang sudah melahirkan sumpah pemuda, dan sudah seharusnya kita meneladani langkah-langkah dan keberanian mereka hingga mampu menorehkan sejarah emas untuk bangsanya.

"Jika mengutip dari perkataan Presiden RI pertama Bung Karno, jangan mewarisi abu sumpah pemuda, tapi warisilah api sumpah pemuda," katanya.

Menurutnya kalau sekedar mewarisi abu, maka kita akan puas dengan Indonesia yang sekarang sudah satu bahasa, satu bangsa dan satu tanah air. Tapi ini bukan tujuan akhir

"Kita harus berani mengatakan bahwa persatuan Indonesia adalah segala-galanya, jauh di atas persatuan, keagamaan, kesukuan, kedaerahan, apa lagi golongan. Mari kita cukupkan persatuan dan kesatuan Indonesia, stop segala bentuk perdebatan yang mengarah kepada perpecahan Bangsa," katanya.

Irwansyah mengatakan,  Menpora juga mengajak semua pihak untuk bersyukur dan berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang selama ini memberikan perhatian yang sangat besar terhadap pembangunan kepemudaan Indonesia.

"Bersama pemerintah daerah, organisasi kepemudaan dan sektor swasta, mari kita bergandengan tangan, bergotong royong melanjutkan api semangat Sumpah Pemuda," ujarnya.

Dikatakannya, pemuda Pangkalpinang saat ini sudah ada yang berkarir di legislatif, eksekutif, yudikatif dan pemerintahan yang lebih baik. Kalau tidak salah pada 2013 lalu ada orang Bangka yang menjadi wali kota termuda.

Selain itu, dia juga mendorong pemuda-pemuda Bangka khususnya di Bangka Belitung untuk selalu berbuat hal yang positif.

"Pada moment hari Sumpah Pemuda ini, mari isi dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat untuk orang banyak," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017