Pangkalpinang (Antara Babel) - DPRD Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung melakukan pergantian alat kelengkapan Dewan untuk tahun 2014.


"Seluruh alat kelengkapan seperti Komisi, Badan Legislasi (Baleg), serta Badan Kehormatan (BK), Badan Anggaran (Banggar), dan Badan Musyawah (Banmus) dilakukan pergantian melalui rapat paripurna," ujar Wakil Ketua DPRD Kota Pangkalpinang, Irianto Tahor, Selasa.


Dia mengatakan, pergantian alat kelengkapan Dewan merupakan hal biasa yang dilakukan setiap satu tahun sekali supaya semua anggota DPRD bisa merasakan posisi lainnya yang belum mereka tempati sebelumnya.


Menurut dia, pergantian posisi ini dilakukan sebagai bentuk penyegaran dan memberikan kesempatan kepada anggota  DPRD dalam mengekplorasi kemampuan di bidang lain, sehingga mereka bisa mengetahui peran masing-masing sebagai anggota DPRD.


"Pergantian posisi harus dilakukan agar setiap anggota DPRD Kota Pangkalpinang bisa mengetahui segala persoalan yang ada, terutama pembahasan yang ditangani alat kelengkapan Dewan," katanya.


Untuk tahun 2014, Komisi I yang membidangi pemerintahan, hukum, kesra dan pendidikan diketuai Yahya Muhammad, Komisi II yang membidangi perekonomian dan keuangan dipimpin Dody Kusdian, sedangkan Komisi III yang membidangi pembangunan dan lingkungan diketuai Murti Mardiana.


Kemudian, Baleg diketuai Abang Hertza, sementara BK diketuai Rinaldi Abdullah.


Dia menambahkan, soal mekanisme pergantian posisi alat kelengkapan Dewan, pimpinan hanya sebatas menyetujui dan mengesahkan nama-nama yang sudah diputuskan lewat pemilihan melalui rapat paripurna.


"Tidak ada perselisihan atau kesalahpahaman antaranggota saat pemilihan kemarin (Senin, 30/12). Semua anggota saling menerima dan mereka berkomitmen untuk bersama-sama mendukung kinerja DPRD agar lebih baik lagi," katanya.


Irianto berharap pergantian alat kelengkapan Dewan itu akan meningkatkan kinerja mereka menjadi lebih baik dari sebelumnya.


"Untuk posisi sebelumnya dinilai sudah cukup  baik, namun dengan pimpinan masing-masing alat kelengkapan yang baru kita harapkan akan lebih baik lagi," ujar Irianto.

Pewarta: Pewarta: Tri Mustika Hardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2013