Muntok (Antara Babel) - Tim medis Dokes Polisi Resor Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung diterjunkan kebeberapa lokasi terjadinya bencana banjir di Kecamatan Parittiga dan Jebus guna membantu masyarakat daerah itu.

"Mulai Senin (30/12) kami tempatkan Anggota Dokes di beberapa titik di dua kecamatan tersebut untuk membantu warga korban banjir yang membuntuhkan pertolongan kesehatan," ujar Kapolres Bangka Barat AKBP Djoko Purnomo melalui Kabag Operasi Kompol Dadang Wijaya di Muntok, Selasa.

Ia menjelaskan, upaya kemanusiaan itu dilakukan untuk meringankan beban para korban banjir sekaligus meningkatkan tali silaturahim antara Polisi dengan masyarakat.

"Kami turunkan tim medis untuk memeriksa kesehatan warga seperti pengobatan ringan, pengecekan kesehatan, tensi dan lainnya," kata dia.

Kapolres mengharapkan bagi masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan agar segera menemui tim medis Polres Bangka Barat yang berada di lokasi agar cepat mendapatkan pertolongan.

Menurutnya, kesiagaan yang dilakukan aparat Kepolisian ini merupakan bentuk dari kepedulian untuk membantu sesama sekaligus memantau kondisi banjir dan korban banjir yang sempat diungsikan.

Hal ini dilakukan Jajaran Polres Bangka Barat terkait bencana banjir akibat tingginya curah hujan di daerah itu yang terjadi sejak Sabtu (28/12) yang mengenangi jalan dan rumah-rumah warga.

Djoko Purnomo mengatakan, pihaknya masih menempatkan anggota di sejumlah lokasi yang terkena musibah yang anggap rawan banjir, dan membahayakan keselamatan jiwa.

Selain menerjunkan tim medis, kata dia, Polres melakukan patroli yang dilakukan rutin untuk menjaga keamanan lingkungan dari berbagai kemungkinan yang tidak diinginkan bersama.

"Kita juga menyiapkan ada beberapa mesin penyedot air untuk membuang air yang mengenangi di ruas jalan di Desa Sekar Biru, dan Desa-Desa lainnya yang ada di wilayah hukum kita Kecamatan Jebus dan Parittiga," tambah Kapolres.

Ia menyatakan, situasi keamanan di daerah itu hingga saat ini masih kondusif, dan pihaknya akan selalu siaga dan mengontrol situasi di daerah itu.

Pewarta: Oleh Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2013