Muntok (Antara Babel) - Polres Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar operasi cipta kondisi dengan melaksanakan penertiban warga yang tidak memiliki kartu identitas.

"Penertiban ini kami laksanakan untuk mencegah kemungkinan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat," kata Kapolres Bangka Barat melalui Kabag Operasi Kompol Sahbaini di Muntok, Selasa.

Ia mengatakan, operasi cipta kondisi dilaksanakan di beberapa lokasi dengan menyasar lokasi yang diindikasikan sering dijadikan tempat berkumpul warga pendatang, seperti tempat kost dan rumah kontrakan.

Operasi cipta kondisi dimulai sekitar pukul 09.00 WIB yang dilakukan oleh beberapa tim yang dipimpin langsung Kabag Operasi Polres Bangka Barat yang didahului dengan apel dan pengarahan.

"Selain operasi tempat kost dan rumah kontrakan untuk mengantisipasi warga pendatang yang tidak memiliki identitas dan pasangan bukan suami istri," katanya.

Tim operasi mendatangi beberapa lokasi,  tim yang dipimpin Kasat Sabhara Iptu Edwar dan Kasat Tahti Iptu Purwo bergerak menuju tiga rumah kost di Muntok.

"Operasi masih berlanjut, dan hingga saat ini kami belum menemukan pasangan tidak sah maupun pendatang dari luar daerah yang tidak memiliki identitas lengkap," katanya.

Kompol Sahbaini menjelaskan operasi cipta kondisi dilaksanakan untuk mencegah makin banyaknya pasangan mesum yang tidak memiliki identitas yang sewaktu-waktu bisa menimbulkan gangguan kamtibmas di sekitar masyarakat.

"Kami berharap melalui kegiatan ini masyarakat semakin tenang, aman dan nyaman dalam menjalankan aktivitas sehari-hari dan semakin produktif," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017