Muntok (Antara Babel) - Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polres Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengimbau para nelayan di Muntok mewaspadai perubahan cuaca yang terjadi saat ini untuk menghindari terjadinya kecelakaan laut.

"Perubahan cuaca di sekitar Perairan Muntok dalam beberapa pekan  ini sangat cepat, kami berharap para nelayan waspada dan tidak memaksakan diri melaut jika cuaca tidak mendukung," kata Kapolres Bangka Barat melalui Kasatpolair Iptu Bambang Bekti Supramono di Muntok, Selasa.

Setiap menjelang akhir tahun dan memasuki musim penghujan, kata Bambang, perairan di daerah tersebut selalu mengalami angin kencang disertai gelombang tinggi yang membahayakan para nelayan.

"Dalam kondisi demikian sebaiknya nelayan tidak melaut untuk mencari ikan, imbauan ini kami sampaikan demi keselamatan nelayan," katanya.

Ia mengatakan sosialisasi imbauan itu sudah disampaikan langsung kepada para nelayan yang biasa bekerja di perairan Muntok.

"Tadi kami bersama sejumlah anggota sudah menyambangi para nelayan untuk menyampaikan imbauan itu, baik kepada nelayan tradisional maupun warga yang sering menjaring ikan di pinggir pantai," kata dia.

Menurut dia, para nelayan perlu memperhatikan faktor cuaca sebelum berangkat melaut karena saat ini perubahan cuaca sangat cepat terjadi.

Selain faktor cuaca, ia mengingatkan kepada para nelayan agar sebelum melaut memastikan alat keselamatan  sesuai standar yang ada di kapal dan jumlahnya sesuai dengan jumlah ABK yang ada di kapal tersebut.

"Kami berharap para nelayan lebih mengutamakan keselamatan dan tidak memaksakan melaut demi keluarga dan diri sendiri," kata dia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017