Pangkalpinang (Antara Babel) - Kepolisian Resor Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menerjunkan sekitar 499 personel untuk mengamankan agenda Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota 2018.

"Kekuatan yang dilibatkan dalam pengamanan Pilwako Pangkalpinang dengan sandi Operasi Mantap Praja Pinang 2018 sekitar 499 personel untuk mengawal setiap tahapan dari proses pendaftaran hingga pelantikan," kata Kabag Ops Polres Pangkalpinang Kompol Raspandi di Pangkalpinang, Rabu.

Ia menerangkan pihaknya memiliki sasaran pengamanan, yaitu meliputi pengamanan orang, barang, kegiatan dan lokasi yang disesuaikan dengan tahapan dari KPU Kota Pangkalpinang.

"Kami telah mempersiapkan kekuatan untuk pengamanan sesuai tahapan Pilkada 2018 seperti tahapan pendaftaran akan menempatkan sebanyak 100 personil, penetapan paslon 100 personil, pengundian nomor urut 100 personil, penetapan DPT sebanyak satu peleton, pengawalan surat suara dan logistik pemilu sebanyak 35 personil," ujarnya.

Selain itu, lanjut Raspandi, dalam tahapan inti, seperti kegiatan kampanye menerjunkan 200 personil, pengamanan masa tenang sebanyak 50 personil, pemungutan suara sebanyak 332 personil, penetapan paslon sebanyak 125 personil dan pelantikan paslon 200 personil.

Menurut dia, Polres Pangkalpinang dalam melakukan pengamanan setiap tahapan Pilkada 2018 juga akan dibantu personil dari unsur lainnya seperti Satpol PP, Kodim 0413/Bangka, Linmas, Kesatuan Sabhara dan Brimob Polda Kepulauan Babel.

"Polres Pangkalpinang akan menerima bantuan penambahan kekuatan dari Satpol PP sebanyak satu peleton atau 35 orang, Kodim 0413/Bangka menyiagakan 100 personil dan yang diperbantukan sebanyak 31 personil, Linmas sebanyak 796 personil dan satu peleton dari satuan Sabhara maupun Brimob Polda Kepulauan Babel," katanya.

Ia mengatakan pihak kepolisian saat ini masih melakukan tahapan seleksi calon anggota pengawal pribadi bagi paslon yang menjadi peserta Pilwako Pangkalpinang 2018.

"Polres Pangkalpinang akan menempatkan sekitar empat personil yang akan menjadi pengawal pribadi bagi paslon yang telah ditetapkan menjadi peserta Pilwako Pangkalpinang 2018 oleh KPU," katanya.

Pewarta: Mahendra

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017